t e m a

Pada tahun penyelenggaraan ke-empat Jakarta Art Award kali ini, Pihak penyelenggara telah menentukan tema kompetisi, yaitu Dunia Ideal (Menafsirkan Kehidupan yang Sempurna).

 

Dunia Ideal :

Dunia Ideal (Ideal World) yang dimaksud dalam tema kompetisi seni lukis nasional Jakarta Art Awards adalah : Dunia yang paling baik dan paling menyenangkan bagi kehidupan.

Pengertian kata “dunia” di sini bisa dielaborasi menjadi dua. Yang pertama dunia mikro, yang merujuk kepada dunia pribadi dan dunia manusia sekitarnya, dengan di dalamnya menyangkutkan dunia “saya”, dunia “keluarga saya”, dunia “teman-teman saya”, dunia “kota saya”, dunia “negeri saya”, dunia “umat manusia”. Yang kedua dunia makro, yang merujuk kepada pemahaman atas dunia maha luas, seperti bumi atau alam semesta.

Para pelukis memiliki kuasa untuk memilih : dunia mikro, dunia makro, atau kedua-duanya. Dan memiliki keleluasaan untuk mengambil sisi-sisi kehidupan mana yang layak dilukiskan. Apakah dunia ideal yang dilihat dari sudut pandang paling subyektif, yang dalam presentasinya sah untuk mengangkat segala hal yang profanial (kebendaan) sampai yang spiritual. Atau dunia ideal yang dipandang dari penglihatan obyektif, yang di dalamnya mengandung muatan isue-isue global, yang mengangkat persoalan lingkungan hidup sampai persoalan geopolitik.

“Dunia Ideal “ adalah sebuah tema yang mudah difahami dan memiliki celah yang amat luas untuk dipresentasi dalam seni rupa.