(LIPUTAN Blogger Mira Sahid) : Ancol Semakin Ideal Dengan Lukisan JAA 2012

Beberapa waktu lalu saya sempat menulis reportase pertemuan saya dengan salah seorang pelukis, mas R.B Ali di sini. Banyak hal yang telah di sampaikan oleh mas Ali yang menjadi pembelajaran untuk saya, begitupun dengan kehadiran saya beberapa waktu lalu di Taman Impian Jaya Ancol, pada acara “Jakarta Art Award 2012”. Ternyata, Seni lukis masih memiliki tempat di hati masyarakat, terutama antusias dari para pelukis itu sendiri dan para pecinta seni lukis.
Bertempat di Pasar Festial, Taman Impian Jaya Ancol, saya bersama Nunik sudah tiba pada pukul 4 sore. Suasana nampak masih sepi, tapi tidak masalah bagi kami. Karena dengan pergi lebih awal, tentu membuat kami terhindar dari lalu lintas yang padat menuju kawasan Ancol. Selain itu, kami masih bisa menikmati suasana sore yang menyegarkan di tempat itu.
Menikmati suasana sore hari di Pasar Festival, Taman Impian Jaya Ancol bersama putri cantikku, Vinka.
Mendapatkan informasi bahwa para blogger diundang di acara ini, merupakan kebanggaan tersediri untuk saya. Bagaimana tidak, dalam acara tersebut, selain mendapatkan kesempatan untuk melihat karya-karya luarbiasa dari para seniman, mendapatkan oleh-oleh goody bag, kami pun berkesempatan untuk bertemu dengan salah satu sosok yang fenomenal beberapa waktu lalu pada euforia Pilkada, yaitu Bapak Fauzi Bowo. Jadi tentu saja, ini merupakan acara yang berkesan untuk saya sekaligus memberikan banyak manfaat. Terlebih lagi ketika dalam sambutannya, pak Fauzi Bowo menyebut komunitas blogger, yang diharapkan dapat turut berpartisipasi, tidak hanya dalam acara JAA 2012 saja, namun dalam setiap acara yang digelar do DKI Jakarta ini. Setelah itu pak Fauzi mengapresiasi para blogger dengan meminta hadirin untuk bertepuk tangan. Whuaaa, walau tidak secara personal, tapi saya sangat berterima kasih atas apresiasi dari pak Fauzi tersebut. Yes, saya bangga jadi emak-emak blogger. *Ditunggu undangan selanjutnya ya,  pak Fauzi dan Ancol🙂
Saat hadir di sana saya tidak menyimak secara keseluruhan rangkaian acaranya, karena membantu mba Indah dan mas Amril di bagian registrasi khusus para bloggger. Dan itu bagian menyenangkan🙂. Saya bisa bertemu dan melihat langsung para blogger yang hadir di acara, walau nyatanya tidak semua saya kenal.
Tepat sekitar pukul 19.00 Pak Fauzi Bowo hadir di tempat acara, setelah sebelumnya banyak pula para undangan dan peserta pameran yang hadir di sana. Dan baru kali itu saya bisa melihat sosok pak Fauzi dalam jarak kurang lebih 1M. “Oh, ini dia bapak yang memiliki ciri khas dari kumisnya itu”, gumam saya dalam hati.
Acara pameran lukisan ini adalah acara yang bertaraf internasional yang kembali digelar oleh Taman Impian Jaya Ancol dengan tema, “Dunia Ideal” – Menafsirkan Kehidupan yang Sempurna”. Kalau membaca tema tersebut, sepertinya ringan ya, teman. Tapi bagaimana jika itu diungkapkan dalam bentuk seni lukis? Saya sendiri mungkin hanya bisa menggambarnya dalam secark kertas, dengan simbol sebuah lingkungan yang aman, tertib, damai dan harmonis. Yah… pemikiran yang terlalu standar, mungkin🙂.
Tapi tidak dengan apa yang telah diuangkapkan oleh mas Sapto Sugiyo Utomo, seorang pelukis dari Solo. Beliau dengan sempuran menafsirkan tema tersebut dalam sebuah lukisan indah yang tidak biasa. Pantas saja karyanya menjadi pemenang utama dalam pameran lukisan tahun ini. Setidaknya itulah yang dilihat oleh team juri. Dan menurut saya, lukisan tersebut memang layak jadi juara, karena erat hubungannya dengan tema yang di usung. Selamat ya, mas Sapto (*kaya yang kenal aja), hehehehe.
Pemenang Karya Utama – “Keluarga Sakinah”, karya Sapto  Sugiyo Utama asal Solo
Selain mas Sapto, ada beberapa pemenang yang diumumkan oleh panitia. dan saya yakin kesemuanya itu bagus-bagus. Iyalah, kalau saya mengomentari kurang bagus, berarti saya orang yang tidak menghargai seni. Walaupun dengan berkomentar seadanya ini juga tidak menjamin saya mengeti tentang seni lukis, *pliplan :)).
Fauzi Bowo bersama para pemenang Jakarta Art Award 2012
(Foto minjem dari blog Haya Aliya Zaki)
Memang, saat ini blogger lebih banyak dilibatkan dalam acara-acara sebagai pewarta/ jurnalis warga. Dan hal tersebut dianggap efektif oleh beberapa pihak. Terbukti dengan seringnya undangan yang ditujukan untuk para blogger. Tentu saja kita harus mengambil kesempatan itu, selama situasi dan kondisinya memungkinkan, jangan pernah melewatkannya. Karena melalui acara-acara tersebut, banyak manfaat yang kita dapat, termasuk ilmu, pertemanan dan networking ang lebih luas. Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa masih banyak pula teman-teman blogger lainnya yang aktif menulis namun belum berkesempatan untuk hadir dalam dunia offline karena berbagai hal. Tapi saya yakin, teman-teman semua berkeinginan untuk turut berkontribusi dalam acara apapun agar dapat memberikan berita-berita up to date untuk masyarakat luas. Untuk itu, semoga saja semakin banyak undangan-undangan yang akan diberikan pada para blogger, terutama dari pihak Taman Impian Jaya Ancol ke depannya.
Semoga acara pameran ini dapat berlangsung kembali tahun depan, dan lebih banyak mengajak para pelukis untuk berkontribusi. Sehingga, yang (katanya) seni lukis sudah mulai kurang diminati, akan terangkat kembali gairahnya dan terdengar gaungnya oleh semua lapisan masyarakat. Sukses terus untuk Taman Impian Jaya Ancol dengan kegiatan-kegiatannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s