(LIPUTAN Blogger Sumarti Saelan): JAA 2012 Ajang Eksistensi Pelukis dan Blogger

Jum’at 28 september 2012 bertempat di Galeri North Art Space (NAS), Pasar Seni Ancol, Jakarta berlangsung acara  pengumuman Kompetisi Melukis Internasional Jakarta Art Award 2012 yang mana penyelanggaraan ke – 4 tahun ini mengusung tema Dunia Ideal (Menafsirkan Kehidupan yang Sempurna).

Band penghibur di pembukaan acara
Jakarta Art Art Award, singkatnya bagi yang belum tahu adalah sebuah ajang kompetisi  melukis yang diadakan setiap dua tahun sekali dan pertamakalinya diselenggarakan pada tahun 2006 dengan mengusung tema yang berbeda tiap tahunnya. Seperti yang dikatakan Bapak fauzi Bowo dalam sambutannya bahwa bahwa gambar dan lukisan tentang Jakarta sudah tercipta sejak kurang lebih 400 tahun lalu dan jika dirangkai akan menjadi rangkaian dokumentasi yang nyata karena mengandung fakta sosial politik dan budaya dari masa ke masa. Dan tradisi merekam ihwal Jakarta dalam gambar inilah yang coba dilestarikan oleh panitia Jakarta Art Award. Yang mana sebagai Gubernur yang masa jabatannya akan segera berakhir bapak Fauzi Bowo berharap tradisi dan event ini akan tetap dilaksanakan oleh Gubernur Jakarta selanjutnya.

Bapak Fauzi Bowo diantara para tamu VIP lainnya
Jika tahun – tahun sebelumnya tema yang diusung hanya berkutat tentang Jakarta maka tahun ini peserta disuguhi tema yang lebih universal yang mana para seniman lukis pun menuangkannya dalam sebuah visual yang indah. Dan dipenyelenggaraannya yang ke – 4 tahun ini para blogger mendapatkan kesempatan istimewa menghadiri dan meliput acara prestisius ini melalui undangan yang disebar melalui beberapa komunitas blogger. Dan aku sangat bersyukur sebagai salah satu blogger yang beruntung bisa menghadirinya, dan berkesempatan mengikuti lomba reportasenya.
Acara yang dimulai dari pukul 18.00 WIB dibuka oleh alunan sura merdu dari sebuah grup band dengan vokalisnya yang cantik. Dan selama acara berlangsung para undangan juga dihibur oleh tarian energik dari Studio Fantasi Ancol. Dan selama acara berlangsung juga diadakan lomba twittpicacara, yang Alhamdulillah aku berkesempatan menjadi salah satu pemenangnya dan mendapatkan hadiah tiket masuk ke Gelanggang Samudra. Acara yang juga dihadiri oleh perwakilan dari Kadin, ratusan undangan dari berbagai kalangan. Para  blogger juga kalangan media.
Tarian eksotis persembahan Studio Fantasi
Acara meriah yang dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Bapak Fauzi Bowo yang juga berperan sebagai salah satu juri kehormatan ini sejak diumumkan Maret  telah berhasil menarik minat 1120 pelukis yang menghasilkan sekitar 3300 lukisan. Yang mana didalamnya terdapat 25 pelukis mancanegara yang ikut berparisipasi, (keterangan di sini). Meski menurut Bapak Prof. Sri Hadi Soedarsono MA selaku ketua dewan juri dalam sambutan yang langsung dilanjutkan dengan pengumuman para pemenang malam itu, dari 25 peserta mancanegara ini hanya 5 peserta yang masuk nominasi dari 74 nominasi yang terpilih. Yang mana dengan keterlibatan peserta dari manca Negara juga akan turut serta mempromosikan seniman Indonesia di dunia internasional yang mana secara otomatis juga mempromosikan Indonesia disegala bidang.
Para Pemenang dengan Trofi mereka bersama Bapak Fauzi Bowo
Hingga akhirnya dari 74 nominasi ini para juri yang terdiri dari DR. Ing. Fauzi Bowo (Gubernur DKI Jakarta), DR. HC. Ir. Ciputra (kolektor), Prof. Srihadi Soedarsono, MA (pelukis), Dr. Oei Hong Djien (kolektor, pengamat seni), Agus Dermawan T. (kritikus), Agung Rai (direktur museum),
Prof. DR. M. Dwi Marianto (kurator, pendidik), Seno Joko Suyono (wartawan seni budaya), Frans Sartono (wartawan seni budaya), Wang Zhineng (Christie’s International Hongkong, Singapura) memutuskan karya Sapto Segyo Utomo dari Solo yang berjudul “Keluarga Sakinah” sebagai Karya Utama dan berhak mendapat hadiah Rp. 100.000.000,- disertai piagam dan piala.
5 Karya terbaik berhak mendapatkan hadiah masing – masing Rp. 75.000.000,- disertai piala dan piagam diraih oleh :
1.       Banu Arsana  asal Jogyakarta, dengan judul lukisan “Siluet Insan Kamil”
2.       Mansyur Mas’ud asal Belitung, dengan judul lukisan “Detak Jantung Jakarta”
3.       S Dwi Satyo asal Jogyakarta, dengan judul lukisan “Suatu yang Indah”
4.       Sentot Widodo asal Jogyakarta, dengan judul lukisan “Reparasi Nurani”
5.       Fani Hidayaturahman dengan judul lukisan “Unity”
Karya Pemenang Utama
Karya Terbaik Peserta Manca Negara
Dan penghargaan karya terbaik Internasional dimenangkan oleh Mai Erard dari Prancis dengan karyanya yang berjudul Compres Love, Love, Love.
Hadiah untuk pemenang diserahkan langsung oleh Bapak Fauzi Bowo diatas panggung. Selain menyerahkan hadiah pada masing – masing pemenang Bapak Fauzi Bowo juga melaksanakan prosesi simbolis yaitu membuat  coretan pertama pada kanvas lukis sebagai tanda pembukaan pameran JAA 2012 yang masing-masing dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol serta perwakilan Kadin Indonesia. Dan setelahnya dibukalah NAS Pasar Seni Ancol tempat pameran lukisan para nominasi dibuka untuk umum.
Beberapa Karya Finalis di Ruang Pamer NAS Ancol
Namun dari semua rangkaian acara terutama sambutan dari berbagai pihak yang ada dimalam penganugrahan Jakarta Art Award yang paling berkesan bagi para blogger tentu pengakuan yang dilontarkan oleh Bapak Fauzi Bowo dalam sambutannya bahwa blogger sudah menjadi bagian berbagi event karena ikut berperan penting dalam menyebarkan informasi yang lebih luas kepada masyarakat tentang event – event yang sedang berlangsung. Bahkan diacara ini pembawa acara juga berkali – kali memberikan apresiasinya untuk para blogger yang hadir yang mana selain ditunjukan melalui sambutan – sambutannya juga ditunjukan dengan mewawancarai secara singkat Bang Amril Taufik sebagai perwakilan blogger tentang pandangannya mengenai acara ini.
Di depan poster JAA 2012 yang memuat nama 74 Nominasi
Bersama para Emak2Blogger
Sungguh suatu kehormatan tersendiri bagi para blogger karena hasil reportasenya sudah bisa disejajarkan dengan jurnalis dalam hal penyebaran informasi aktual yang sedang terjadi. Bukan hanya sekedar seseorang yang menulis curhat dalam tulisan – tulisannya, tapi sudah mencakup segala hal penting dalam dunia informasi.
Terima kasih untuk semua panitia yang diketuai Bapak Sukesti Martono yang telah bersedia melibatkan para blogger dalam event ini yang mana diharapkan kedepannya akan terus terjalin sinergi yang baik antara para blogger dengan pihak berbagai acara untuk kepentingan informasi dan sosialisasi yang seluas – luasnya kepada masyarakat dan sekali lagi selamat untuk semua pemenang. Sampai jumpa di Jakarta Art Award tahun berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s