(LIPUTAN Blogger Teddy Rustandi) : Blogger Hadir di Malam Anugerah Jakarta Art Award 2012

Malam Anugerah Jakarta Art Award 2012, Pasar Seni Ancol

Sebuah karya seni patut dihargai dan diapresiasikan sekaligus di wadahi mungkin itulah bentuk nyata keseriusan Pemerintah DKI Jakarta sebagai pendorong bersama PT. Pembangunan Jaya Ancol sebagai promotor, dan para seniman Indonesia menyelenggarakan  kompetisi Jakarta Art Award(JAA) atau kompetisi seni lukis yang bertaraf Internasional. Kehadiran Kompetisi tersebut disambut gembira dan sangat antusiasme oleh para seniman baik dalam maupun luar negeri .

Kebetulan untuk tahun ini yang menginjak tahun ke empat JAA 2012, saya  sebagai blogger merasa bangga mendapatkan undangan resmi dari panitia JAA 2012 untuk menghadiri pengumuman pemenang International Painting Competition Jakarta Art Award Pada hari Jumat 28 September 2012 sekaligus pembukaan pameran Galery di North Art Space (NAS), Pasar SeniAncol.

Disamping senengnya mendapatkan undangan yang sekaligus merupakan tiket masuk Jaya Ancol, tentunya tidak saya sia-siakan kesempatan tersebut untuk hadir ke JAA 2012, walaupun perjalanan cukup jauh dan melelahkan menggunakan sepeda Motor  dari Tangerang ke Ancol belum lagi mecetnya Kota Jakarta, Kelelahan tersebut terobati dengan menyempatkan bermain di pantai Ancol bersama keluarga sambil menunggu acara di mulai pada malam harinya. kedatangan kami Ke JAA 2012 bersama keluarga selain sambil rekreasi tentunya memperkenalkan karya Seni lukis secara dini kepada keluarga dan melihat secara langsung karya – karya pelukis professional dalam dan luar negeri.

Band Penghibur

Sebelum acara di mulai dan menunggu kedatangan tamu kehormatan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo yang sekaligus Dewan Juri Kompetisi Jakarta Art Award 2012, kami dihibur oleh penampilan band. Dengan datangnya tamu kehormatan yang didampingi oleh Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol, Ir.Budi Karya Sumardi. Tentunya tanpa menunggu lama acara langsung di mulai dengan dibuka oleh penampilan tarian dari sanggar seni Taman Impian Jaya Ancol. Penampilan tersebut sangat energik ditambah kostum yang menarik perhatian dan tariannya yang atraktif memukau penonton yang hadir termasuk saya sendiri.

Setelah tarian usai, pembawa acara langsung memberikan kesempatan kepada Bapak Yogi dari KADIN Indonesia, dilanjutkan kepada Bapak Budi Karya Sumardi, Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol, dan terakhir kepada Bang Amril Taufik Gobel sebagai Blogger senior sekaligus Founder komunitas Blogger Bekasi, untuk memberikan kesan dan pesan nya atas keterlibatan blogger dalam event  JAA 2012.

Dewan Juri dan Para Pemenang JAA 2012
Acara yang ditunggu-tunggu oleh para peserta kompetisi, yaitu pengumuman 5 pemenang karya terbaik,1 Karya Utama dan Best Painting International Participant Jakarta Art Award 2012 akhirnya tiba. Pengumuman tersebut langsung dibacakan oleh Ketua Dewan Juri JAA 2012, Prof.Srihadi Soedarsono MA.  Yang meraih anugerah karya utama dengan hadiah sebesar 100 Juta Rupiah dengan Lukisan berjudul “Keluarga Sakinah” yaitu karya Sapto Sugiyo Utomo, sedangkan 5 pemenang Karya terbaik dengan hadiah masing-masing 75 Juta Rupiah yaitu karya Masyur Mas’ud dengan lukisan berjudul “Detak Jantung Jakarta“, S Dwi Satya dengan lukisan berjudul “Sesuatu Yang Indah“, Sentot Widodo dengan lukisan berjudul “Reparasi Nurani“, Banu Arsana dengan lukisan berjudul “Siluet Insan Kamil”, dan Vani Hidayatur Rahman dengan lukisan berjudul “Unity” . Selain Anugerah karya Utama dan Karya Terbaik masih ada pemenang Best Painting International Participant dengan Hadiah sebesar US$ 7000, dari Perancis karya Mai Eriard dengan lukisan berjudul “Compress Love, Love,Love2“. Penyerahan Hadiah tersebut kepada masing-masing pemenang JAA 2012 dilakukan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo didampingi Budi Karya Sumardi, Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol.
Fauzi Bowo

Setelah Penyerahan Anugerah Bapak Fauzi Bowo langsung memberikan sambutannya, Menurut beliau Kompetisi JAA 2012 tahun ini, menginjak usia 485 tahun kota Jakarta. Usia yang hampir setengah abad semakin terbukti bahwa Jakarta memang menarik perhatian seniman untuk mempresentasikan dalam bentuk visual.

Pemerintah DKI Jakarta kali ini sebagai fasilitator tak ingin kreativitas para pelukis untuk terus berkutat di wilayah Jakarta. Sehingga untuk tahun ini (2012), Panitia JAA 2012 menawarkan tema yang lebih luas. Bahkan kompetisi ini teruntuk pula bagi para pelukis Internasional, sehingga Jakarta menjadi rumah pula bagi seni mancanegara. sekaligus kompetisi ini dan pameran hasil kompetisi memberikan manfaat bagi masyarakat banyak. Fauzi Bowo dalam sambutannya pun menyinggung Blogger dalam berbagai event, “Kehadiran Blogger berperan penting untuk memberikan informasi dan sosialisasi kepada masyarakat secara luas tentang event tersebut”.

Kembali lagi ke Jakarta Art Award 2012, kompetisi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya biasanya tema yang diangkat selalu berkaitan dengan kota Jakarta. Misalnya pada tahun 2006 bertemakan “Warna-Warni Jakarta”, tahun 2008 “Kisi-kisi Jakarta”, dan tahun 2010 “Refleksi Kota Besar”. tema-tema spesifik di atas dianjurkan oleh Ibu Aurora Tambunan almarhumah, selaku ketua Panitia JAA yang dulu, sedangkan  tahun ini JAA menawarkan tema yang umum, bahkan Universal yaitu “Ideal World”, menurut ketua Panitia JAA Drs Sukesti Martono MM, di dalam sambutannya .

Beliau pun dalam sambutannya menyebutkan, meski kalah dengan jumlah peserta pada tahun 2006, tapi antusiasme peserta tahun ini menggembirakan. Tahun 2006 diikuti 1179 pelukis dengan 3200 lukisan. Tahun 2008 diikuti 941 dengan 2800 lukisan.Tahun 2010 diikuti 722 pelukis dengan 2200 lukisan, sedangkan tahun ini sebanyak 1120 pelukis ikut dalam kompetisi dengan rata-rata pelukis menyertakan 3 karya lukisannya, maka JAA tahun ini diikuti lebih dari 3300 lukisan, jumlah tersebut termasuk 25 peserta Internasional, yang mengirim foto karyanya antara lain Amerika Serikat, Lebanon, Jerman, Singapura, Malaysia, Korea, Inggris, Italia.

Pameran Seni Lukis JAA2012, North Art Space Pasar Seni Ancol

Setelah Pemberian Anugerah kepada para pemenang JAA2012 dan sambutan dari Bapak Fauzi Bowo, Acara dilanjutkan dengan simbolis melakukan coretan pertama di sebuah kanvas oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Bapak Budi Karya Sumardi, Direktur Utama PT. Pembangunan Jaya Ancol dan perwakilan KADIN Indonesia sebagai tanda resmi pembukaan pameran karya seni lukis Internasional Jakarta Art Award 2012 di North Art Space (NAS), Pasar Seni Ancol. tanggal 28 September 2012 hingga 28 Oktober 2012.

North Art Space

Semoga dengan adanya kompetisi tersebut, bertambah lagi para seniman seni rupa khususnya pelukis baru untuk terus mengembangkan bakatnya dan lebih termotivasi untuk menghasilkan karya-karya terbaiknya agar lebih dikenal lagi di kancah Internasional. Dan pastinya menambah sejarah karya seni rupa nasional.

Salam Blogger,

foto by @cidyrus
Pasar Seni, Ancol Jakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s