SAMBUTAN DR Ing H Fauzi Bowo Gubernur Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Assalamualaikum wr wb.

Ketika kompetisi Jakarta Art Award 2012 diadakan, kota Jakarta menginjak usia 485 tahun. Dalam usia yang hampir setengah abad semakin terbukti bahwa Jakarta memang menarik perhatian seniman untuk mempresentasikan dalam bentuk seni visual. Baik itu dalam topografi (gambar yang dibuat dalam hubungannya dengan pemetaan), poster, maupun dalam bentuk lukisan yang dikategorikan sebagai fine art.

Sejak 400 tahun lalu gambar dan lukisan tentang Jakarta telah dicipta. Karya piktorial itu apabila dirangkai akan memunculkan cerita dokumentatif tak terkatakan, lantaran di dalamnya mengusung fakta sosial, politik dan budaya dari masa ke masa. Dengan kandungan cerita ihwal alam, adat-istiadat, ekosistem, perdagangan, pembangunan, tata kota, lingkungan hidup, perilaku penduduk dan sebagainya. Tradisi merekam ihwal Jakarta ini oleh Panitia Jakarta Art Award dicoba untuk dilestarikan. Sehingga kemudian diadakan kompetisi nasional seni lukis untuk menafsirkan Jakarta. Kompetisi ini diadakan pada tahun 2006, 2008 dan 2010.

Namun Pemerintah DKI Jakarta tak ingin mengajak kreativitas para pelukis untuk terus berkutat di wilayah Jakarta. Sehingga untuk tahun 2012, Panitia Jakarta Art Award menawarkan tema yang lebih luas : Dunia Ideal. Tema ini mengajak para pelukis untuk mengemukakan pendapat secara visual tentang “dunia yang baik dan benar”. Dengan begitu, Jakarta kali ini hanya bertindak sebagai fasilitator. Bahkan kompetisi ini teruntuk pula bagi para pelukis internasional, sehingga Jakarta menjadi rumah pula bagi seni mancanegara.

Saya berharap kompetisi dan pameran hasil kompetisi ini memberikan manfaat bagi masyarakat banyak. Sehingga upaya besar Pemerintah Daerah Jakarta dalam menggairahkan penciptaan dan apresiasi seni rupa tidak sia-sia.

Wassalamu’alaikum wr wb.

Jakarta, September 2012.

DR Ing H Fauzi Bowo

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s