SAMBUTAN Budi Karya Sumadi Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol

Jakarta Art Award 2012 telah menyelenggarakan kompetisi seni lukis yang keempat kalinya. Dalam telaah atas kompetisi-kompetisi sebelumnya, sebagaimana yang terlapor lewat pemberitaan media massa dan sebagainya, penyelenggaraan ini bisa dianggap sukses. Sekitar seribu pelukis dari berbagai daerah ikut serta, dengan ribuan lukisan yang dikompetisikannya. Antusiasme menjadikan penyelenggara semakin bersemangat untuk terus melaksanakan kompetisi ini secara programik.

Yang lebih menggembirakan, kompetisi ini melahirkan para juara yang pada akhirnya merebut perhatian sejarah seni rupa nasional. Mereka yang memenangi kompetisi ini, bahkan yang “hanya” menjadi finalis, mengadakan pameran di bebagai kesempatan. Sehingga keterkenalan semakin diraih, dan selebihnya, kemungkinan pasar semakin dirambah. Adalah fakta, sejumlah pemenang kompetisi Jakarta Art Award kini tercatat sebagai pelukis yang meraih reputasi harga mencengangkan, dalam pameran maupun lelang.

Kami sadar karya seni tak bisa dinilai dengan bilangan nominal. Namun kami selalu ingin mengapresiasinya. Karena itu, dalam setiap kompetisi ini PT Pembangunan Jaya Ancol selaku promotor dan Pemerintah DKI Jakarta selaku pendorong berhasil menaikkan kadar stimulasi bagi para peserta kompetisi. Stimulasi ini berupa jumlah hadiah yang dari kompetisi ke kompetisi senantiasa naik.

Lebih jauh kami beranggapan bahwa senilukis Indonesia yang telah berkembang bagus ini memiliki pergaulan internasional. Itu sebabnya dalam kompetisi kami juga mengundang para pelukis mancanegara untuk serta, yang kemudian dinilai dalam forum khusus. Sementara para pelukis Jakarta Art Award terbaik kami usaha untuk dipamerkan di forum internasional, dengan North Art Space selaku pelaksana ikut mengaturnya. Sebagaimana para pemenang tahun lalu, yang dipamerkan di New York, Amerika Serikat.

Akhirnya, PT Pembangunan Jaya Ancol mengucapkan terimakasih atas partisipasi para pelukis yang terhormat, baik nasional maupun internasional. Terimakasih pula kepada Dewan Juri yang telah bekerja keras menyeleksi.

Kepada seluruh masyarakat, kami ucapkan selamat menonton.

Jakarta, September 2012.

Ir. Budi Karya Sumadi 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s